BUDAYA JEPANG "penting,lucu,dan unik" #3

Sabtu, 19 Maret 2011
 

111. orang jepang pikir lagu “nona manis siapa yang punya” sama dengan “rasa sayange”. lirik lagu-nya kayak gini jadinya : “nona manis siapa yang punya, nona manis siapa yang punya, nona manis siapa yang punya, rasa sayang, sayange .. ” , waakakakkaka!!!

112. sebelum minum2 (alcohol), biasanya mereka ga makan dulu. jadi biasanya jam2 pergi minum2 kalo sama orang2 kantor biasanya jam 8 atau 9. nah kondisi perut masih kosong tuh, tapi begitu sampe lsg pesen bir (WAJIB!). mereka biasanya hanya pesen cemil2an kayak sate ayam (ala jepang), cumi goreng, dll. kalo udah kayak gini, pasti pulang2 perut masih laper dan dompet menderita, krn minimal 4000-5000 yen melayang

113. anak sma (cowok/cewek), hobby bgt pake gantungan kunci yg ukurannya gede dan berbentu boneka.

114. kalo tissue wc udah kita pake sampe habis, di gulungan terakhirnya ada tulisan “terima kasih banyak selalu menggunakan tissue ini!”. serasa ada orang dari perusahaan tissue wc-nya disebelah wc kita.

115. coklat di jepang ragamnya sangat membosankan (di supermarket). mayoritas coklat disini adalah coklat batangan tanpa topping apapun! dan yang paling banyak kedua adalah coklat macadamia atau almond yang dibentuk bulet2. jadi nyari coklat batang isi kacang mete kayak silverqueen, atau coklat batang isi kacangnya cadbury, dll susah banget. nyari yang setaraf coklat lindt juga rada susah nya kalo di supermarket.

116. yoshinoya, matsuya, sukiya, dan semua restoran yang belakangnya “ya” atau restoran2 yang biasanya hanya punya tempat duduk di counter, adalah restoran murah. jadi cewek2 jepang biasanya ogah dateng kesini. perhatiin deh jarang banget ada cewek jepang mampir ke restoran2 tipe kayak gini, mayoritas isinya cowok. kalopun ada cewek, biasanya orang asing haha.

117. di jalan tol, ada pintu tol khusus untuk yg berlangganan kartu. jadi kalo kita punya kartu langganan ini, kita ga perlu berhenti di pintu tol. kita terobos aja pintu tol ini, ntar beberapa saat sblm kita nabrak penutup gerbangnya, pasti pintu nya kebuka sendiri. jadi cara bekerja pintu ini adalah dengan mendeteksi sensor kartu yang di taro di dalem mobil kita. kalo kita punya kartu ini, pintu gerbang itu akan otomatis terbuka.

118. iklan les bahasa inggris bertebaran dimana2. bahkan sering ada iklan2 di tv yang ada di kereta dengan konsep “one point english lesson”, jadi disini kita akan diajarkan beberapa ekspresi bahasa inggris hanya dalam waktu sekitar 5 menit. dan setiap hari ekspresi yg diajarin diganti2.

119. kucing2 jepang semuanya penakut! begitu tangan ngedeket pasti langsung bunyi “hahh!!”. ini berlaku bagi smua kucing, mau kucing liar kek, kucing peliharaan kek. kayaknya mereka jarang di pegang sama orang asing zzzz … sama aja kayak pemiliknya ya, introvert hehe

120. kalo seseorang memberikan kartu namanya ke kita, kita ga boleh masukin kartu itu ke dalam kantong / dompet selama orangnya masih ada di depan kita. jadi kalo posisi kita berdiri, ya pegangin terus deh tuh kartu. kalo posisi kita duduk, taro kartu namanya di meja. masukin kartu nama mereka ke dalam kantong / dompet = sesuatu yg sangat gak sopan.

121. kalo orang indonesia, bahasa tangan yang artinya “saya/aku/gw” adalah dengan menunjuk dada sambil ngomong “gw?”. kalo orang jepang bahasa tangannya dengan menunjuk hidung pake jari telunjuk.

122. SIM untuk nyetir mobil manual dan automatic dipisah. bagi yang punya SIM untuk mobil manual, boleh nyetir mobil automatic juga. tapi kalo kita punya SIM untuk mobil automatic, kita ga boleh nyetir manual.

123. setelah selesai makan orang jepang biasanya ngomong “gochisousama deshita”. yang anehnya, setelah selesai makan di restoranpun, mereka suka teriak “gochisousama deshita” setelah bayar makanannya. makna dari “gouchisousama deshita” kira2 : “terimakasih atas hidangannya!”. coba bayangin kalo di indo kita teriak kayak gini, pasti smua orang langsung mikir “wong kampung!”.

124. kalo musim dingin pipi orang jepang berubah warnanya jadi ke-pink2-an.

125. di kantor, kalo terima telpon dari orang perusahaan laen, kita harus menghilangkan kata “san” yang artinya “bapak/ibu” ketika nyebutin nama2 atasan kita.
126. kalo mau manggil pelayanan di restoran, (rata-rata) kita ga perlu teriak2 manggil pelayannya, cukup dengan mencet tombol yang disediain di meja kita. kapan ya sistem ini ditiru indo?

127. ada festival (perlu sensor ga nih ya) p*nis dan v*gina. ini bukan festival “plus-plus”, tapi bener2 festival resmi yang berhubungan dengan kebudayaan dan kepercayaan shinto. festival “p” lebih terkenal daripada festival “v” ^??????^

128. kecepatan internet di jepang gila2an. menurut orang amrik, kecepatan internet di amrik aja masih kalah jauh sama kecepatan internet di jepang. kira-kira kalo disana download 1 lagu full hanya dalam waktu 4-10 detik.

129. dasi putih hanya dipakai waktu dateng ke kimpoian orang. sementara dasi hitam hanya dipakai waktu acara kematian. jadi jangan combine kemeja hitam + dasi putih ya, ga jelas apa maunya..

130. ada celana legging buat cowok dan banyak yang pake! ada yg mau jadi trend setter di indo? udah ada yg pernah ngelakuin sih..

131. banyak toko second yang khusus ngejual action figure. harganya juga variatif, mulai dari 100 yen sampai lebih dari 10.000 yen. daerah yang paling terkenal untuk urusan gini2an adalah akihabara.

132. orang jepang sering menyingkat kata-kata serapan bahasa asing, termasuk nama-nama restoran asing. misalnya : pasokon (personal computer), makku (mcd). yang paling kocak singkatan utk restoran “1st kitchen“, yaitu “faakin” (bunyinya sama kaya f*cking).

133. makanan indonesia yang paling dikenal adalah nasi goreng.

134. orang jepang ga bisa bedain huruf L dan R. kebanyakan orang indo mikirnya setiap ada huruf L pada sebuah kata (misal : luka), pasti akan dibaca dengan nada “ruka” oleh orang jepang krn mereka cadel L. pada kenyataannya, banyak juga orang jepang yang ga bisa ngucapin R..

135. payung made in japan (payung standard kayak yg sering kita pake kmana2 kalo ujan) harganya mahal bgt. bisa lebih dari 2.000 yen (Rp.200.000), malah ada yang lebih mahal lagi (5000 yen lebih). kalo cari payung di jepang, hati2 ya! cari yg made in china aja!

136. pelayan atau penjaga toko selalu ngomong atau lebih tepatnya teriak : “selamat datang!” setiap ngeliat orang dateng. walaupun udah ada 1 orang yang teriak “selamat datang!”, bukan berarti pelayan/penjaga toko yang laennya ga ikutan teriak, semuanya pasti ikutan teriak juga, kadang hal seperti itu annoying juga loh....

137. sebelum sebuah mall atau deparment store buka, ada latihan utk membungkuk sambil ngomong “terima kasih banyak!”, “selamat datang!”, dll. ini berlaku utk semua toko yang ada di mall tersebut dan rutin setiap pagi! latiannya berbarengan, jadi setiap petugas sebuah toko harus standby di depan tokonya masing2 + ikut serta latian ini. lumayan terlihat idiot sebenernya haha!

138. satu-satunya bank lokal (indonesia) yang ada di jepang adalah bank BNI (lokasinya di tokyo

139. kalo orang jepang sms, banyak banget pake emoticon (tergantung orangnya juga sih). selain emoticon, mereka juga sering banget masukin simbol2 ga penting. simbol yang paling populer adalah : simbol bintang dan not balok. kadang suka ngerasa kalo tingkah mereka kayak 4L4Y.

140. orang jepang kalo ngamen ga minta duit. mereka cuma naro CD (demo musik) hasil karya mereka sendiri. jadi kalo ada yg tertarik dengan musik yg mereka maenin, mereka tinggal ambil cd yang dipajang + taro duitnya. hebat ya, ngamen aja pake kreatifitas.

141. ada dance khusus untuk para otaku (nerd / kutu buku). udah kayak clan sendiri, jadi buat yang mengaku dirinya otaku, wajib menguasai dance ini!

142. ketika membungkukkan badan untuk memberi hormat atau meminta maaf, kepala kita harus mengarah kebawah (mata menghadap lantai).

143. kata “sayonara” digunakan ketika kita akan tidak berjumpa dalam waktu yang cukup lama.

144. di beberapa restaurant ketika kita memakan omelet, hanya diberikan sumpit dan pisau.

145. ada restaurant yang mempunyai mesin tiket. jadi untuk memesan makanan kita tinggal pencet tombol di mesin sesuai dgn apa yang kita mau, kemudian masukkan uang kita kesana. setelah tiketnya keluar, langsung kita kasih ke pelayan

146. mobil pintar (smart car) yang bisa memarkir secara otomatis, rem secara otomatis, dll sedang dalam tahap pembuatan

147. mayoritas pizza hut di jepang hanya berupa delivery counter (tidak ada restaurant-nya, hanya bisa delivery).

148. TAHUKAH KAMU!!!!! bahwa hoka-hoka bento TIDAK ADA di jepang!

149. ada semangka berbentuk kotak, lonjong, dll

151. ada beberapa supporter jepang yang nekat bugil ketika menyaksikan timnas jepang menang pada beberapa pertandingan world cup 2010.

152. banyak payung yang menjadi korban kalo lagi badai (hujan ditambah angin kenceng). termasuk 5 buah payung gw. RIP payung.

153. indomie bisa didapat pada beberapa supermarket lokal dengan harga sekitar 100 yen perbungkus (10 ribu perak).

154. hari raya natal serta hari raya untuk agama lainnya tidak dijadikan hari libur di jepang.

155. ada puding t*t* yang sangat fenomenal untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari jepang. puding ini bisa kita temukan di banyak tempat, salah satunya asakusa. yang lebih lucunya, puding t*t* ini ada 4 jenis, puding t*t* jenis tokyo, yokohama, osaka, dan satu lagi gw lupa daerah mana (gw ga ngerti beda bentuknya! haha).

156. lembur kerja 1 jam bisa buat makan 1 hari fuul.

157. mesin otomatis minuman,rokok (jidhohambaiki) di buat di Semarang Indonesia.

158. kata “kimochi” artinya adalah “perasaan”, “mood” ataupun “sensasi”. ini bukan kata ‘jorok’! jadi jangan salah kaprah menanggapi kata ini adalah kata ‘jorok’. kita bisa memakai kata ini pada saat kita merasa nyaman (misal : pas udara lagi sejuk, dll).

159. banyak orang jepang dewasa yang tidak lancar menulis kanji! soalnya jaman sekarang mereka lebih terbiasa MENGETIK kanji. giliran disuruh tulis tangan, lupa deh.

160. orang yang ulang tahun adalah orang yang harus ditraktir oleh temen2nya. kalo di indonesia, orang yang ulang tahun adalah korban mengenaskan yang harus mentraktir teman2nya.


seluruh postingan BUDAYA jepang di kutip dari "http://greatrendyman.wordpress.com/"

4 komentar:

maulana,aliq mengatakan...

Iya kemaren temen saya orang jepang di UK mau balik ke jepang, terus kita adain perpisahan, kan emg sy pkir bakalan dibayarin, jadi saya bener2 ga bawa duit sepeserpun dikantong, abis itu makan enak, lahap, pesen banyak banget tuh, pas akhirannya taunya kena jebakan betmen, harus byarin dy makan, busett...alhasil saya lari ke ATM sejauh 3 km. Nasib2... -_-

AkramOnlyOne mengatakan...

Ini Tulisan Sendiri mbak? Atau Ngambil di tempat lain?

Anonim mengatakan...

Kak, kok gak mencantumkan asal dari tulisan ini? Kan kita mesti menghargai orang yang telah menulis idenya :)
http://greatrendyman.wordpress.com

Kim Hyo Rin mengatakan...

maaf banget mbak.. nanti saya repost dan cantumin linknya :). ini waktu saya baru pertama nge-blog jadi gak tau apa - apa. sekali lagi saya minta maaf mbak :)

Posting Komentar