Mengenal Pakaian Tradisional Korea

Kamis, 12 Juli 2012

Orang yang belum tau,pasti kalau ngelihat baju tradisional korea langsung ngeCap itu adalah “hanbok”, gak peduli mau bajunya yang pake’ cowok atau cewek.. yang penting baju tradisional Korea pasti langsung di cap HANBOK ! hahaa
 
Iya kan?!

Nah supaya gak bingung, Hyo Rin berhasil menemukan artikel keren + menarik dari http://thetalkingcupboard.wordpress.com dan alhamdulillah sudah diberi ijin untuk ngerepostnya pake bahasa Indo. 

Makasih mbak.. you’re the best lah ^^

 
Oke, ayo mulai..


Untuk cewek, Hanbok terbagi atas 2 bagian: 

1.    jeogori (저고리): baju bagian atas yang kayak rompi,
2.    chima (치마): bagian bawa baju yang kayak rok itu..

Jenis dan warna kain yang digunakan untuk membuat  jeogori  dan chima  tergantung pada status dan kedudukan orang yang akan memakainya. Keluarga Kerajaan, pelayan istana,dan keluarga bangsawan (yangban) menggunakan bahan – bahan yang mahal seperti kain sutra, dan memadukan warna yang terang seperti biru,merah,hijau,dan kuning.

Lain lagi dengan orang kelas bawah alias rakyat jelata dan budak. Mereka menggunakan bahan yang gak terlalu mahal, yang penting awet dan gak mudah rusak. Mereka biasanya memakai bahan seperti katun dan rami. Warnanya juga usang, biasanya warnanya coklat,dan putih gading.

Untuk para Gisaeng (wanita penghibur) dan penari,mereka juga menggunakan Hanbok yang warnanya terang seperti bangsawan,tapi sifatnya lebih transparan. Tentu saja untuk menarik perhatian,apa lagi?! Hahahaa

Gisaeng menggunakan bahan sutra dan satin untuk mempercantik diri mereka. Biasanya Hanbok gisaeng sifatnya tembus pandang ^^.

Jeon-Hyang memakai Jeogori yang transparan (the painter of the wind)
 Yoon-Bok menggunakan Jeogori biru transparan dan gurunya memakai Jeogori biasa. (the painter of the wind)
again....Jeogori khas Gisaeng!
3.    norigae (노리개), ornamen mirip gantungan kunci yang biasanya dijadikan aksesoris pemanis di jeogori

Jeon-Hyang (the painter of the wind) memakai norigae berbentuk kupu – kupu.

4.    Jangot (장옷) itu baju atau semacam jubah yang digunakan wanita untuk menutupi wajahnya.
 
Yoon-Hee (Sunkyunkwan Scandal memakai Jangot berwarna Hijau)

5.    sseugae chima, jenis dari jangot
Yoon-Hee memakai sseugae chima berwarna oranye untuk menghindarii Seon-Joon

6.    baji (바지), celana tradisional korea
7.    durumagi ( 루마기), sejenis mantel yang dipakai oleh laki – laki  
8.    po (). digunakan oleh pelajar sebagai pakaian sehari – hari  atau diapkai oleh pemerintah diluar aktivitas pemerintahan.
 
Yoon-Hee dan murid lainnya menggunakan po

9.    magoja (마고자), sejenis rompi
 
(Cha Dol memakai magija oranye saat menceritakan kisah Iljimae) 

10.  hogeon (호건), penutup kepala dengan bordiran emas.
11.  saekdongot (색동옷), jenis dari hiasan yang sering dipakai oleh anak perempuan.
 
TOPI dan AKSESORIS RAMBUT WANITA
 
1.    Daenggi Meori (댕기 머리), model rambut di kepang satu,hanya anak perempuan yang belum menikah saja yang menggunakan model rambut seperti ini

2.    daenggi (댕기) pita yang biasanya terbuat dari sehelai kain yang digunakan sebagai perhiasan pada ujung kepangan rambut.

3.     baetssi daenggi (배씨 댕기), perhiasan yang dipakai pas di atas kepala.
 
Hyo-Eun memakai daenggi berwarna merah dan baetssi daenggi

4.    Jjeokjin Meori (쪽진 머리), model rambut yang dikepang terus digulung kebelakang dan dikaitkan dengan tusuk konde

5.    binyeo (비녀), tusuk konde. Jenis dan model tusuk konde biasanya bergantung pada kelas atau strata penggunanya.
 
(Ratu Min dengan binyeo berwarna emas, dwikkoji berwarna kuning , dan cheopji bentuk naga
6.    dwikkoji (뒤꽂이), hiasan kepala. Kalau di jaman modern seperti sekarang biasanya disebut jepitan rambut.
  
Jeon-Hyang menggunakan jepitan dan pita rambut
7.    cheopji (첩지), on their head. Hiasan tusuk konde. Biasanya bentuknya berupa simbol Naga,Phoenix,Burung,Bunga.. tergantung strata sosial si pemakai.

8.     Eonjun Meori’ (얹은 머리), model rambut yang biasa digunakan oleh wanita yang telah menikah dan gisaeng. 

9.    gache ( ) adalah WIG alias rambut palsu. Jaman Joseon, wig terbilang sangat mahal dan yang paling sering menggunakannya adalah Gisaeng agar terlihat lebih menarik.

10.  jeonmo (전모), Topi besar yang terbuat dari bambu dan kertas minyak. 11 12 dengan payung ^^
11.   Eoyeo Meori’ (어여머리) atau biasa dikenal sebagai royal hairstyle. Digunakan khusus oleh Ibu Suri dan Ratu, tetapi pada saat – saat tertentu dayang – dayang istana dengan pangkat tinggi juga menggunakannya. Biasanya memakai rambut palsu agar kepangan dan bentuknya pas ^^. Bayangin aja gedenya! Rambut sepanjang apapun gak bisa buat model kayak gini^^
 
12.  tteoljam (떨잠), ornamen yang melekat pada kedua sisi depan Eoyeo Meorir. Seperti binyeo....pemakaian tteoljam juga bergantung pada strata sosial pemakainya.
 
Ibu suri memakai tteoljam,dengan model rambut Eoyeo Meori
13.   Keun Meori’ (큰머리) : model rambut yang hampir sama dengan Eoyeo Meori, tetapi style rambut seperti ini menggunakan tteoguji (떠구지) sebagai  pelengkap.

14.  tteoguji (떠구지), hiasan kepala yang bentuknya kayak kupu – kupu, besar dan terbuat dari kayu.
Chae-Kyung menggunakan model Keun Meori lengkap dengan Tteoguji
15.  pungcha,  ayam (아얌), jobawi (조바위), and nambawi (남바위)...adalah penutup kepala yang sering digunakan pada saat musim dingin tiba.

Dong-Nyeo menggunkan nambawi  - The Duo
 
 Gwi-Dong memakai nambawi - The Duo
Geum-Ok memakai pungcha - The Duo

TOPI dan AKSESORIS RAMBUT PRIA
1.    sangtu ( ), sebutan untuk model rambut pria. Baik itu diikat keatas terus digulung, atau diikat separuhnya terus separuhnya lagi diurai.
2.    gat (), Topi yang terbuat dari rambut kuda dan biasanya transparan. Menggunakan Gat menyiratkan status strata seseorang.
Yong-Ha memakai gat
 
3.    heukrip (흑립), Topi berwarna hitam yang digunakan oleh orang – orang bangsawan dan ukurannya biasa lebih kecil dari Topi pada umumnya.
  
In-Soo memakai heukrip
4.     paeraengi (패랭이) jenis topi yang terbuat dari bambu. Ini jenis topi yang paling banyak digunakan, baik rakyat jelata maupun pemain musik jalanan.
 
Chang-Hwi memakai paerangi
Iljimae memakai paerangi yang lebih kecil - The Return of Iljimae
5.    satgat (삿갓), topi bambu besar dan lebar yang biasa digunakan oelh petani dan biksu. Bahasa kerennya di Indonesia mungkin CAPING ^^
 
6.    gatkeun tidak semua orang bisa menggunakan tali topi ini kecuali bangsawan dan pejabat pemerintahan.
7.    tanggeon (탕건), sejenis topi yang Cuma lurus keatas ^^
8.    donggot,  hiasan kepala. Semacam tusuk konde ^^, biar gulungan rambut gak jatuh^^
 
Sun-Joon menggunakan model rambut sangtu lengkap dengan donggot
9.    manggeon (망건), hiasan kepala transparan yang digunakan pada jidat.
10.  Gwanja (관자) sejeniis kancing pada kedua sisinya.
11.  beonggeoji (벙거지). Topi untuk prajurit MILITER pangkat rendah.
Iljimae menggunakan beonggeoji
12.  jeonrip, topi untuk pejabat MILITER yang memiliki pangkat tinggi, misalnya jendral atau kepala kepolisian.
Iljimae menggunakan jeonrip
Moo Hyul memakai jeounrip dengan dekorasi manik manik pada talinya, tanda kalau ia adalah seorang Royal Chief Commander
13.  bokgeon (복건), penutup kepala transparan, mirip dengan heukrip.
14.  jeongjagwan, topi yang digunakan kaum bangsawan yang juga terbuat dari rambut kuda. Bentuk topi ini biasanya berlapis – lapis, dan lancip pada ujungnya. Mirip tanduk bagi Hyo Rin ^^
 

BAJU UNTUK PERAYAAN – PERAYAAN BESAR.

1.    Hwarot (활옷) pakaian yang digunakan oleh putri kerajaan ataupun putri bangsawan saat upacara pernikahan.
Mi-Ho melihat bibinya Dae Woong mengenakan hwarot, hwagwan, and ap daenggi
2.    ap daenggi, jenis dari daenggi , kain yang menjulur sepanjang pinggang
3.    yongjam,  hiasan kepala berupa tusuk konde panjang dengan hiasan naga di ujungnya.
4.    Wonsam (원삼) pakaian yang juga digunakan oleh putri kerajaan dan perempuan bangsawan saat melaksanakan upacara pernikahan. Ini pilihan kedua setekah hwarot.
 
Court Lady Choi mengenakan wonsam berwarna hijau gelap
 
5.    gwanbok.adalah baju dinas yang digunakan oleh raja,menteri dan petinggi kerajaan.
6.    cheollik, gwanbok yang digunakan oleh Raja dan bawahannya.
7.    samo (사모), topi yang diopakai pegawai pemerintahan. Bentuknya lumayan kecil
8.    gakdae (각대), ikat pinggang yang kalau diperjhatikan kayaknya kelonggaran ^^
 
 Hong-Do and Yoon-Bok menggunakan cheollik biru gelap dan gakdae
9.    hongryongpo, baju dinas raja yang dihiasi oleh sulaman Naga emas. 
10.  Jobok, pakaian yang digunakan oleh keluarga kerjaan, dan pejabat istana saat upacara pernikahan.
11.  Yanggwan,, penutup kepala yang digunakan saat upacara – upacara penting seperti upacara pernikahan 
;
Ayah Chae-Kyungmenggunakan jobok dan yanggwan 
 
In-Soo menggunakan yanggwan saat berdo'a saat upacara di  Sungkyunkwan  
12.  daeryebok baju yang digunakan oleh raja atau pangeran saat upacara pernikahan.
13.   myonrugwan. Topi yang digunakan oleh raja atau pangeran saat upacara pernikahan.
 King Jeongjo
Pangeran Lee Shin
Yeon-Woo menggunakan noeui and daesu dalam upacara  pernikahannya
14.  aisahwa, topi sebagai penghargaan kepada siswa yang berhasil meraih skor tertinggi pada ujian negara.

SEPATU DAN KAOS KAKI ^^

1.    Beoseon (버선)  kaos kaki yang dapat digunakan oleh segala strata sosial. Terbuat dari kain yang lembut.
2.    Jipsin (짚신) semacam sendal yang tebruat dari jerami. Biasa digunakan oleh rakyat dan pedagang.
3.    Hye () sepatu yang kalau di jaman sekarang biasa digunakan untuk jalan – jalan
 
4.    unhye (운혜), sepatu untuk perempuan yang terbuat dari sutra dan banyak memiliki corak warna dan harganya lumayan mahal. Kalau di drama The Duo.. harganya bisa mencapai 3 nyang (1 nyang itu berapa Rupiah yak?)

5.    Danghye (당혜) jenis sepatu untuk perempuan yang biasa terbuat dari kulit.

6.    Taesahye (태사혜) sepatu untuk laki – laki.
7.    Heukhye jenis sepatu laki – laki lain yang terbuat dari kulit. Biasa digunakan oleh pejabat pemerintah, siswa, dan bangsawan
 
8.    Hwa ()sepatu boot berwarna yang biasa digunkan oleh pejabat pemerintah dan terbuat dari kulit binatang. Namun untuk raja, bootnya berwarna merah dan dihiasi bordiran emas.

 
Sepatu Raja, dengan bordiran naga emas
  
Sepatu yang dipakai menteri

8 komentar:

Anonim mengatakan...

widih,.... lengkap bagt sis,
udah lama nyari artikel beginian, ternyata di sini ada yang lengkap ^^

Anonim mengatakan...

widih,.... lengkap bagt sis,
udah lama nyari artikel beginian, ternyata di sini ada yang lengkap ^^

WitriAfrilian.blogspot.com mengatakan...

Thanks For Information

Anonim mengatakan...

waaaaaaaaaaaaaaaaah bagus banget

Anonim mengatakan...

klo baju yang dipake choi kang chi di Gu Family Book apa ya sis? yang dipake kaya pendekar gtu spertinya keren... ^^

kangagush mengatakan...

wow mantap artikelnya

KhArmy · Grim Reaper mengatakan...

terima kasih atas infonya disini begitu lengkap ...

Fikar Matutu mengatakan...

Bermanfaat..
Arigatogozaimasu..

Posting Komentar