Langsung ke konten utama

Apa arti Wota? Apa itu Oshimen? dan Apa itu Kami7 ???

 Apa itu Wota? 
pertanyaan ini yang sering muncul di benak Hyo Rin kalau nongkrong di WOTA48 Makassar~  teman - teman Fb Hyo RIn juga sering banget nyebut Kami7 lah~ Oshimen lah~.. itu semua apa artinya ????? 
(Maeda Atsuko aka. Acchan ... Oshimen Hyo RIn!!)

untung aja ada kak Abdul yang sering bantuin Hyo Rin nyari arti istilah - istilah yang bisa dibilang "asing" banget~ ^^v 
silahkan sima ^^v
salam Hoii! Hoii!

WOTA

istilah ini sebenarnya sama dengan otaku, yaitu penggemar berat subkultur seperti manga, anime, game, dsb. Otaku lebih dari sekedar fans. Mereka adalah orang yg sangat berdedikasi terhadap hobinya dan tidak akan ragu mengorbankan dirinya (imej, uang, waktu, dsb) untuk hobi tersebut, sampai taraf dimana orang normal akan melihat mereka sebagai freak/geek/nerd. Otaku untuk idol grup mempunyai pengucapan yg berbeda dengan otaku anime, yaitu wota. Dan perlu diketahui bahwa istilah wota tidak eksklusif untuk AKB48, tapi kebanyakan fans idol grup juga mendapat sebutan yg sama (Momusu – Mowota, Johnny’s Ent. – Janiwota).

WOTAGEI
sorakan atau gerakan khas fans idol grup saat menonton pertunjukan idolanya. Untuk macam-macam jenis dan gerakannya bisa dicari dengan mesin pencari google.

MIX

salah satu unsur dari wotagei adalah Mix. Ini adalah bentuk sorakan khas yang dilakukan para fans idol grup pada bagian-bagian tertentu lagu ketika menonton pertunjukan idolanya. Mix bukan cuma milik fan AKB48 saja, tapi sudah lama mengakar di kalangan fans idol grup sejak mid 90’an. Untuk bahasan lebih detil tentang Mix bisa dicari ke sumber lain karena akan terlalu panjang bila dibahas disini.

OSHIMEN
oshimen (推しメン) terdiri dari dua kata, “oshi” dan “men”. Oshi berarti “push/support” dan Men adalah singkatan dari “menba” (member dalam arti bahasa Inggris). Kata ini mempunyai arti member yang paling Anda dukung. Dalam banyak kasus, seorang fans bisa mempunyai banyak member favorit, tapi pasti ada satu diantara member tersebut yg paling disukai atau tidak tergantikan, inilah yg disebut dengan istilah kami-oshi.

OSHIHEN
 kondisi dimana Anda merubah oshimen. Hal ini sering dianggap kurang sopan bagi bekas oshimen Anda.

SENBATSU
 dalam bahasa Indonesia berarti pilihan/seleksi. Sebagai grup yg mempunyai jumlah member banyak, maka terasa perlu untuk dibuatkan barisan representatif dari sekian banyak member yang ada. Mereka inilah yg disebut sebagai senbatsu. Biasanya mereka dipilih berdasarkan popularitas di kalangan fans. Keuntungan dari member senbatsu adalah hak mereka untuk tampil di PV utama, media (majalah, TV show, event, dsb), dan tentu saja popularitas.

SENBATSU SOUSENKYO
Senbatsu sousenkyo: sejak tahun 2009 AKB48 rutin menggelar senbatsu sousenkyo (pemilu senbatsu) sekali setahun yang bertujuan memberi kesempatan bagi para fans untuk menentukan sendiri member senbatsu mereka. Caranya adalah memberi vote untuk member favorit mereka, dengan mengumpulkan tiket vote yg mereka dapat di single tertentu (biasanya satu single sebelum single sousenkyo). Tentu saja pembelian multi kopi adalah sah, dan satu tiket vote dihitung satu suara.

JANKEN SENBATSU
 ini adalah salah satu ide ‘nyeleneh’ yg diciptakan Aki-p untuk menentukan senbatsu AKB48. Caranya adalah dengan melakukan janken (suit jepang). Event khusus akan diadakan untuk hal ini, dimana disana akan diadakan sistem turnamen, satu persatu member yg kalah akan gugur hingga didapat pemenang utama yg nantinya akan mendapat posisi terdepan.

UNDERGIRLS
istilah ini dipakai untuk para member yang posisi popularitasnya dibawah senbatsu. Biasanya member yg termasuk disini adalah mereka yg punya popularity rank nomor 20 kebawah hingga sekitar angka 40. Urutan ini tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlah senbatsu yg ditentukan untuk sebuah single.

KAMI7
 Kami berarti dewa. Istilah ini diciptakan para fans karena ada beberapa member yg memang ranking popularitas mereka tidak pernah tergoyahkan sejak lama di AKB48. Ketujuh orang itu adalah Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Tomomi Itano, Watanabe Mayu, Kojima Haruna, dan Takahashi Minami. Namun dalam sousenkyo terakhir muncul sebuah nama baru yg tiba-tiba merusak tatanan tradisional 7 besar tersebut, yaitu Kashiwagi Yuki. Sejak saat itu istilah Kami7 oleh beberapa kalangan mulai banyak dipelesetkan menjadi Kami8. Akankah Sashihara Rino atau Matsui Rena sebentar lagi mengubahnya menjadi Kami9? Biar waktu yg memberi jawabannya kepada kita :)

JIKOSHOUKAI
 ini adalah self introduction dari masing-masing member. Tentunya memiliki sebuah line khusus untuk introduksi bukanlah sebuah keharusan, tapi jika seorang member mempunyai jikoshoukai ciri khas mereka masing-masing maka ini akan memberi nilai lebih dimata fans.

- Renai kinshi: Love is forbidden. Ini adalah salah satu golden rule dalam dunia idol Jepang, dan termasuk yang paling keras untuk ditaati. Bahkan hanya sebuah foto dengan seorang pria, apapun status pria tersebut, bisa membuat karir seorang idol tamat seketika akibat kecaman para wota garis keras yg ingin idola mereka menjaga image pure dan innocent. Abide the rule, girls (or I might say, don’t get caught… LOL)!!

STAGE SONG
lagu yg terdapat di Stage masing-masing tim

UNIT SONG
lagu Stage yang dinyanyikan oleh formasi member tertentu (bukan seluruh tim), biasa terdiri dari 1 member popular didampingi oleh 2-4 member lainnya, dan letaknya beruntun 4-5 lagu ditengah setlist Stage.

UNIT SHUFFLE
biasanya hanya dilakukan di konser-konser besar, dimana Unit song yg identik dgn susunan member tertentu diacak dan diganti formasinya dgn member lain untuk elemen kejutan.

KENKYUUSEI
 research student, atau bahasa mudahnya tim cadangan. Peran mereka biasanya untuk menggantikan spot member tetap yang tidak bisa hadir pada hari pertunjukan teater. Tapi seiring dengan melonjaknya popularitas AKB48, sekarang para kenkyuusei juga bisa dibilang mempunyai barisan fans yang tidak sedikit. Biasanya ada semacam kecenderungan unik dari para wota senior untuk oshihen kepada mereka, mungkin karena mereka melihat member yg popular sudah tidak perlu lagi didukung, sudah bosan, atau karena melihat para kenkyuusei inilah yg justru paling aktif berada di teater, tempat dimana AKB48 memulai segalanya dari nol, ketimbang senior mereka yg sering berhalangan karena urusan luar.

Komentar

  1. Nice info Gan.. like it
    maen2 k blog ane juga y gan,,
    www.nipponstylez.blogspot.com

    sankyu..

    BalasHapus
  2. TQ. agak aneh juga denger soalnya masih newbie. thanks penjelasannya sekrang udah ngerti. :D

    BalasHapus
  3. Arigatou buat infonyaa..
    Like it, two thumbs up! (y)(y)
    penjelasannya singkaat, jelas, tapi mudah di mengerti.. ^_^

    BalasHapus
  4. Izin share fotonya yah

    BalasHapus
  5. Artikelnya sip
    makasih penjelasannya
    ^_^

    BalasHapus
  6. info ini bermanfaat banget gan

    BalasHapus
  7. haha, thx infonya. baru ngerti ada istilah beginian gara2 idol group XD

    BalasHapus
  8. Thanks k udh post gnian,skrg aku ngerti apa itu wota^^

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. gan mau nanya, kalo event handshake itu boleh sekalian foto2 gak ya?

    BalasHapus
  11. Thank You info nya sangat berguna sekali ^^

    BalasHapus
  12. yaelah apaan sih ni

    BalasHapus
  13. Kalo WOTALAY itu apa ya ..

    BalasHapus
  14. Mantap gan
    Izin share
    Kunjungi blog kami http://lanazalia.blogspot.com
    Full humor and jkt48

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 member cowok Kpop yang terlihat cantik (versi On The Spot)

1. Ren Nu'Est   Name : Ren Real Name : Choi Minki (최민기) Birthdate : 3rd November 1995 Age : 16 Weight : 56kg Height:179cm Blood type : O Nickname : Choi Ren Hobbies : Watching a movie, Listening a music My keyword : Style, Blonde -An unpredictable cute guy with metro sexual charm -reportedly the mischievous mood maker of the group - back up dancer for After School Blue’s Wonder Boy - was featured in the MV and Live performances - was also in the “New Balance” CF with Lizzy - said to be the Maknae of the group   Ren dari boygroup  NU’EST, yang berisikan 5 member, baru2 ini mengatakan kalau dia disalahartikan sebagai seorang gadis. Pada 5 maret, Ren mengatakan, “Saya pergi ke sebuah toilet di sebuah stasiun subway, dan pria yang ada disana melihat saya dan berfikir mereka masuk kedalam ruang wanita.”

SInopsis Sad Love Story Episode 20end

  Setelah semua kembali normal, Hae-in sempat kebingungan melihat perubahan sikap Joon-young yang mendadak begitu sibuk bekerja. Ia hanya bisa pasrah ketika pria yang dicintainya itu memintanya untuk menunggu di kamar yang telah disiapkan. Namun saat sampai didalam, ternyata begitu banyak kejutan telah menanti. Namun yang membuat Hae-i tidak kuasa menahan tetes air mata adalah ketika mendengar rekaman suara Joon-young yang meminta gadis itu sebagai istrinya. Mengenakan gaun yang telah disiapkan, Hae-in langsung berlari keluar dan memeluk Joon-young yang telah menunggu.

Link Download RIngtone Korea Lucu ^6^

Annyeonghasseo… Hoii! Hoii! Readers ^^ Kalian pasti sering “gregetan” kalo nonton K-DRAMA truss ngedenger ringtone – ringtone yang lucu kan…  sama kayak Hyo  RIn... “ haissss….kapan Hyo Rin punya ntu ringtone ya ?” ini yang sering Hyo Rin bilang kalau udah “gatel” pengen donlot ntu Ringtone… setelah serangakian aksi NGUBEK NGUBEK google....akhirnya ketemu deh LINK buat DONLOT ^^.  truss..pas di Kampus itu hari..HP Hyo Rin berdering dan tentu saja yang terdengar itu ya.. Ringtone - ringtone lucu tadi..... kontan teman* Hyo Rin pada bilang "wahh..Ringtonenya kerenn banget! UNIK!! ^^" hahahahaa...makin PD Hyo RIn jadinya..walo Hp butut, Ringtone keren boleh donGgg...^^ Nihhh Hyo Rin kasih Link donlot buat Ringtone Korea yang lucu ^^