Joseon Style

Jumat, 29 Juni 2012
Apa apaan ini? Baru pembukaan postingan, yang muncul malah mukanya si Won, hadehh.. melting ane~
Postingan ini Hyo Rin ambil dari http://thetalkingcupboard.wordpress.com, karena postingannya pake’ bahasa Inggris, jadi Hyo Rin coba diubah ke Bahasa Indo. Biar yang lain juga ngerti ^^. Ini mengenai Baju dan aksesoris yang sering diapakai di serial Saeguk, jaman Joseon.

Ayo mulai ^^
Mula – mula kita bahas dulu JUBAH yang sering di pakai Raja – raja dalam berbagai serial Saeguk Korea

Yang paling sering ditemui yaitu JUBAH merah ala Raja dengan simbol sulaman NAGA yang besar di tengahnya. Ini dianmakan gonryongpo (곤룡포), baju harian Raja. Makanya setiap nonton The Moon That Embraces The Sun pasti rajanya make’ baju merah itu – itu mulu’. Bisa dibilang ini baju DINAS Raja ^^.

 (Raja Lee Hwon memakai Gonryongpo warna merah)
Gonryongpo dipakai oleh Raja yang memerintah, Putra Mahkota, dan anak pertama dari Putra Mahkota (The Next Putra Mahkota). bedanya sih terletak di warna dan sulaman NAGAnya.
Gonryongpo berwarna merah atau merah tua dipakai untuk Raja, sedangakn untuk Putra Mahkota dan anak pertamanya memakai warna Biru, nyaris Ungu warnanya. Coba lihat foto Putra Mahkota (singkat_PM) yang di TMTETS Putra Mahkota di Rooftop Prince, sama kan?!

 
Untuk sulaman di tengah jubah, Raja memakai sulaman NAGA cakar 5 yang disebut ohjoeryongbo (오조룡보), PM memakai sualman NAGA cakar 4 yang namanya sajoeryongbo (사조룡보), sedangkan anak pertama putra mahkota memakai sulaman NAGA cakar 3 yang dianmakan samjoeryongbo (삼조룡보)

Coba lihat :
1.    Lee Hwon sewaktu masih jadi PM, memakai gonryongpo warna biru.. dengan sulaman NAGA cakar 4 (perhatikan bahu kanan)
 
2.    Setelah naik tahta dan menajdi Raja, Lee Hwon memakai gonryongpo berwarna merah dengan sulaman NAGA cakar 5 (perhatikan bahu kanan)
 
Sebenarnya sih warna gonryongpo untuk raja gak Cuma merah.. biasa juga warna lain (tergantung serialnya), coba aja lihat si raja yang di Iljimae ini, warna jubahnya bahkan gelap ^^.

Satu lagi, biasanya untuk tambahan aksesori pada raja, kita sering lihat ada semacam IKAT PINGGANG yang Hyo Rin sering ketawain karena terkesan longgar, padahal modelnya emang gitu ^^.
 
Untuk hari – hari special seperti ritual atau hari pernikahan, raja memakai spesial Jubah yang dikenal dengan myeonbok (면복). Ada dua jenis myeonbok: gujangbok (구장복) atau ‘baju dengan 9 simbol’ untuk raja dan sibijangbok (십이장복) atau ‘baju dengan 12 simbol’ untuk Kaisar.
 Naga pada pundak lee hwon, 5 puncak pada punggung,Api,Naga,dan bordiran api pada Lengan 


gujangbok (구장복) atau ‘baju dengan 9 simbol’ maksudnya ada 9 simbol di baju tersebut. Mulai dari NAGA di Pundak, GUNUNG di Punggung,Api,Burung,harimau di lengan, SEMUANYA bermakna YANG. Padi, bulir Padi, axes (gak tau ini apa ==’),dan Api melambangkan YING. YING dan YANG.

Jubah dengan warna hitam kemerah – merahan untuk bagian luar dan ungu untuk bagian dalam. Baju bagian dalam (kadang di film gak keliatan), dinamakan jungdan, warna putih secara keseluruhan dengan bordiran biru. Daedae adalah ikat pinggang yang dipakai untuk mengikat rok (rok jubah.. bukan rok kayak cewek jaman sekarang ^^). 
 
Mal, sepasang kaos kaki untuk upacara yang digunakan bersamaan dengan sepatu merah seok
 
Selain baju dinas gonryongpo, Raja  juga punya baju militer yang biasa dipakai untuk kunjungan atau dalam hal misi kemiliteran.

Sekarang untuk RATU dan PUTRI KERAJAAN

Yang paling sering di lihat di serial Saeguk itu namanya dangui (당의). Sebenarnya sih pakaian ini untuk pakaian upacara atau perayaan – perayaan khusus, tetapi Ratu dan Putri biasanya memakainya untuk pakaian sehari – hari. 
 
Dangui Ratu atau Putri berbeda dengan yang dipakai oleh dayang kerajaan atau bangsawan yaitu di Dangui kerajaan dihiasi dengan  geumbak, pola daun berwarna emas. Dan khusus untuk ratu, Dangui dihiasi dengan sualaman Naga emas di pundak, dan bagian depan – belakang baju.
 
Yeon-Woo memakai dangui berwarna pink dan warna merah tua pada chima
 
Putri Min Hwa dangui simple! mungkin karena ia masih anak - anak, tetapi untuk Putri yang lebih dewasa / remaja... seperti Putri Kyung Hye, dangui yang dipakai bordirannya lebih rumit


Untuk model rambut sesuai dengan si Ratu.
Biasanya ratu memakai model rambut kayak donat yang kayaknya berat banget ^^. Sama seperti yang diapkai Ratu So heon, namanya eoyeo meori (어여머리), biasa juga dikenal ‘the royal hairstyle’ karena hanya wanita – wanita kerajaan yang dapat menggunakannya. 
 
Tteoljam (떨잠), adalah aksesoris bling bling yang bulat dan berbentuk bunga. Model rambut yang biasa digunakan oleh putri yang menikah namanya  jjeokjin meori (쪽진 머리)
 
Tusuk konde yangs sering diapkai itu namanya yongjam, hanya digunakan oleh ratu atau Ibu Suri. Yang ada di mulut naga itu adalah permata yang artinya impian akan menjadi nyata.
Kalau Tusuk konde yang dipakai oleh Selir, Permaisuri,dan Putri kerajaan biasanya berlambangkan Phoenix
 
 coba bedakan tusuk konde mereka...!!
 
Putri yang masih berusia remaja biasanya hanya memakai model rambut biasa yang dinamakan daenggi meori (댕기 머리). Aksesoris lainnya dinamakan  baetssi daenggi  yang sering dipakai di atas rambut. Dan cheopji semacam jepitan rambut di sisi kiri dan kanan.
Untuk upacara atau peringatan hari besar, ada beberapa peraturan yang harus digunakan Ratu dan Putri dalam memilih Jubah atau pakaiannnya.

Wonsam adalah pakaian upacara yang bisa dipakai oleh Ratu, dan Putri. Namun, ada perbedaan warna yang menyiratkan tingkatan mereka. Seperti, warna kuning dengan pola Naga (hwangwonsam) untuk kaisar Wanita, Warna merah dengan pola Phoenix (hongwonsam) untuk Ratu, Merah keungu –unguan dengan pola Phoenix untuk Selir, dan warna Hijau dengan pola bunga (nokwonsam) untuk Putri.


Hwarot adalah pita atau sabuk merah tua dengan sulaman. Ini biasanya digunakan untuk putri yang hendak menikah. 

Pola – pola lain seperti bunga teratai, batu, Phoenix, dan kupu – kupu yang mekambangkan panjang umur dan nasib baik biasanya juga di sulam pada hwarot

Noeui (노의) adalah jubah berwarna merah yang dipaki Hyeon Woo ^^. Ada dua jenis yaitu keun meori (큰머리). Hiasan kepala hitam besar dan kayaknya berat seperti sayap kupu – kupu. Sedangkan daesu, hiasan kepala yang mirip topi. 

Yeon-Woo menngunakan noeui dengan keun meori


  
Bo-Kyung menggunakan noeui dengan daesu.
Pangeran memiliki jubah yang berbeda dengan putra mahkota. jubahnya biasa saja, hampiar sama dengan jubah yang diapkai menteri, Cuma bedanya pada pola sulaman sebagai tanda tingkatannya, ini dinamkan hyungbae.
Warna baju untuk pangeran adalah ungu. Tapi foto di atas menunjukkan perbedaan.
Pangeran Su yang dan An Pyung memakai warna ungu, sedangkan pangeran yang Myeong memakai warna merah tua. Mungkin ungu untuk pangeran yang ibunya adalah RATU, dan merah tua untuk pangeran yang ibunya adlaah seorang SELIR.
Pakaian DINAS menteri dan pegawai negara sehari – hari namanya dalryeongpo.
Waranya berdasarkan golongan. Warna merah untuk senior golongan 1 – 3, biru untuk Junior golongan 3 – 6, dan hijau untuk Junior golongan 7 – 9.
Minister Yoon menggunakan jubah dengan bordiran 2 burung bangau
Tanda golongan hyungbae biasanya terbuat dari bordiran awan dan binatang: buung banagu untuk pegawai pemerintah dan  hopyo, simbol harimau untuk pegawai militer. Hyungbae dengan simbol 2 burung bangau untuk senior golongan 1 – 3, dan untuk golongan 4 – 9 hanya 1 simbol burung bangau.
Untuk hari spesial seperti upacara atau adanya pengumuman dan pengesahan dari raja, menteri biasanya memakai jubah lain yang berwarna merah , namanya jobok. yanggwan, yaitu perhiasan kepala dan yang dipegang itu gak tau namnya apa ^^ terbuatdari gading.
 
Lady-in-waiting,atau gungnyeo juga mempunyai jubah atau pakaiannya sendiri. Mereka biasanya mengenakan dangui, tanpa sulaman emas. Warna jubah dan model rambut sesuai tingkatan dan golongan mereka.
 
dayang Jo menggunakan silver cheopji dan binyeo dikepalanya
Yang paling tinggi tingkatannya adalah sanggung atau dayang yang melayani ratu,putri dan selir menggunakan permata hitam  dangui dengan tusuk konde dan manik – manik di atas kepala berwarna silver. 
Nain akan mengenakan permata yang lebih terang. Trainee nain memakai pink dangui, tetapi mereka juga bisa menggunakan jeogori


 Ah~ akhirnya selesai juga ^^, maaf kalau penjelasan hyo Rin kurang tepat ^^
Semoga bermanfaat ya.. jangan lupa kunjungi sumber ini ya ~ ~ http://thetalkingcupboard.wordpress.com

2 komentar:

ralf antonio mengatakan...

mantab...... dima bisa dapat pakianx raja..... pasti lbih kren kalau pakai yang gituan.....

Anonim mengatakan...

kereeeeeeeeeeeennnnnnnnnn

Posting Komentar