The Moon that Embraces the Sun - Joseon Style

Jumat, 29 Juni 2012



assalamualaikum readers ^^

annyeonghaseyo~

Hyo Rin dapat “tangkapan” menarik setelah ngubek ngubek om gugelll..
Hyo Rin nemu artikel dari blog http://thetalkingcupboard.wordpress.com , tentang baju Hanbok yang dipakai di serial The Moon That Embraces The Sun.

Mari kita mulai ^^
 
Tusuk konde yang dipakai ibu Suri itu namanya BINYEO. BINYEO yang dipakai Ibu Suri jenisnya YONGJAM, YONG = NAGA  dan JAM = bagian kepala tusuk konde. (wadehh. Bahasaku.. TUSUK KONDE, agak sedikit lucu juga kedengarannya ^^).
Ini hanya digunakan khusus untuk anggota keluarga kerajaan khususnya untuk RATU dan dayang – dayangnya.
Dan perhatikan, yang bunga – bunga itu.. namanya DWIKKOJI, semacam perhiasan tambahan setelah BINYEO.
 
Kalau yang satu ini juga memakai BINYEO dan DWIKKOJI, tapi tentu saja tidak semegah dan se elegan milik Ibu Suri. Kan gak lucu kalau perhiasan Ibu Suri setara dengan wanita Shanman macam ini, kan!? ^^
 
Ratu Han yang memakai DANGUI merah (DANGUI itu semacam baju yang mirip Hanbok) memakai YONGJAM seperti yang dipakai Ibu Suri, sedangkan Selir Hee Bin memakai Tusuk Konde GEUMBONGJAM : ‘geum‘ (emas), ‘bong‘ (phoenix), and ‘jam‘ (kepala tusuk konde0. Jadi, kalau ratu memakai simbol NAGA, Selir memakai simbol PHOENIX. Itu yang membuat perbedaan.
 
Pakaian yang di pakai Hyeon Woo yang warnanya Hijau dan kaya rompi itu namanya MAGOJA. Magoja sudah populer di joseon di abad ke 19 (apa readers udah lahir pada jaman itu? hahahaha)
 
Gwanbok adalah semacam baju dinas menteri di joseon. Coba lihat, Gwanbok yang dipakai Menteri Aparatur Negara berbeda kan?
 
Sebenarnya sesuai pangkat, kalau yang warna biu itu ketika si menteri masih golongan 3, sedangkan kalau yang warna merah itu menandakan kalau dia sudah ada di golongan 6.

 

Yang dipakai dikepala oleh guru Heo saat penobatan itu apa? 
 Itu namanya AISHAWA, diberikan oleh raja untuk sarjana terbaik saat gwageo(ujian Negara).
Guru Heo versi anak – anak ^^. Memakai SAEKDONGOT, baju khas anak bangsawan yang di kedua lengannya ada garis warna – warni yang hanya dipakai untuk anak yang usianya dibawah 7 tahun, juga memakai semacam penutup kepala yang terbuat dari Sutera dengan pola – pola Harimau emas.
Lain lagi dengan yang dipakai putra mahkota. Putra Mahkota memakai SAEKDONGOT dengan warna ungu nyaris Pink Jeogori (jeogori = sejenis baju), ditambah Bogeon ungu gelap dan JEONBAK yang juga warnanya ungu gelap ^^. Kolaborasi warnanya aje gilee~ ^^
 
Jadi kepengen punya baju dan aksesoris kayak gitu ^^. Tapi mau nyari dimana?
Hahaha...

0 komentar:

Posting Komentar